Kabupaten Karangasem, Semangat Bali

Kabupaten Karangasem Semangat Bali

Kabupaten Karangasem memiliki visi untuk mewujudkan Karangasem yang cerdas bersih dan berlawanan berlandaskan Tri Hita Karana . Di mana Di samping visi misi juga ada program unggulan yang disebut nawa Satya Dharma. Dan selanjutnya untuk mengimplementasikan visi misi dan 9 program unggulan di sebut nawa Satya Dharma kita merancang sebuah Tagline atau Branding yaitu Karangasem The Spirit of Bali atau mengangkat kembali semangat nilai-nilai Bali sebagai penegasan keselarasan Cipta , Rasa , dan Karsa yang menjiwai hidup manusia Bali . Nilai-nilai Bali dimaksud:  nilai eksistensi spiritual, nilai integritas, nilai manfaat, lain keterpaduan, nilai kebersamaan, nilai-nilai Luhur lain.

 

Semangat nilai spiritual merupakan pemaknaan kembali dari ajaran tentang tiga penyebab ketidakharmonisan alam semesta, sebagai manifestasi yang Harmoni tentang kehidupan yang diciptakan dari hubungan antara manusia dengan Tuhan , manusia dengan Manusia dan manusia dengan alam lingkungannya.  Mulai sekarang ini harus mampu mendorong harmonisasi seluruh pembangunan di Kabupaten Karangasem secara berkelanjutan.

Semangat nilai integritas merupakan pemaknaan kembali nilai  sebagai manifestasi konteks integritas dinamika pemaknaan ruang waktu dan situasi yang membingkai pembangunan Karangasem yang mutakhir dan dinamis sesuai zamannya.

 

Semangat nilai manfaat merupakan pemaknaan kembali nilai Segar gunung bagaimana potensi sumber daya alam sekaligus dimensi spiritual nya,  yang menjadi aset Karangasem untuk dikelola secara bijak bagi kemaslahatan hidup masyarakat Karangasem .

 

BUKIT SURGA

Karangasem  kaya akan pemandangan dan Bukit bukit nya yang Hijau.

 

Perkembunan Salak

Perkebunan salak dengan berbagai macam hasil olahannya

 

Pengrajin Batu- Selat

Tangan-tangan terampil tiada hentinya menghasilkan uang dari otentik .

 

Pantai dan Laut

Pantai dan laut yang indah dan kaya akan hasil Nya .

 

Pengrajin Tenun

Serta tenunan khas cantik dan kaya akan motif yang mendunia.

 

Bunga abadi nusantara

Keelokan sampai di lereng gunung Agung yang gagah perkebunan bunga Kasna salah satunya . Tempat cantik dan menjadi Spot yang sayang untuk tidak diabadikan .

 

Semangat keterpaduan ini adalah energy. Ekspresi kebenaran (satyam), kesucian (sivam), dan kebahagiaan (sundaram).  Sivam adalah tentang Ketuhanan, satyam  adalah tentang kebenaran , maksud ilmu pengetahuan sains dan sundaram  initinya adalah  kesenian dan kehalusan .

Tanah Bali termasuk Kabupaten Karangasem merupakan bagian dari bumi yang berpotensi berpeluang dan bahkan menjadi momentum untuk mengokohkan yang beragam menjadi Serikat dalam segitiga yang menyatu sundaram .  Ketuhanan, kebenaran, kesenian, menjadi simbol peradaban di Universal umat manusia.

 

Semangat dan jiwa kerukunan , kebersamaan, dan persaudaraan adalah pemaknaan nilai yang merupakan manifestasi persatuan yang merupakan unsur sangat penting bahkan pondasi di dalam membangun Karangasem.

 

Rasa  kebersamaan di tanah pun tercermin dengan tradisi kegiatan makan bersama, tanpa memandang latar belakang masing masing  individu atau biasa disebut megibung.  Inilah tanah damai penuh berkah yang selalu dicinta.  Tanah di ujung timur pulau Bali yang masyur yang indah dengan segala keontentikan semangat dan nilai-nilainya . Karangasem Bali

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *