Menilik Tradisi Zamra di Gorontalo yang Terancam Punah

tradisi Zamra di Gorontalo

Menilik Tradisi Zamra di Gorontalo yang Terancam Punah

Melihat tradisi beragam di berbagai daerah, yang paling menyorot mata dunia salah satunya wilayah Sulawesi. Salah satunya tradisi Zamra di Gorontalo, dengan berbagai keindahan, keunikan dan nilai luhur yang dipegang teguh oleh penduduknya.

Pelaksanaannya memang tidak semeriah yang lain, namun pada sisi maknanya memang cukup mendalam. Perayaan seperti ini ternyata di zaman milenial kurang memikat hati penduduknya, sehingga reportase terkait menyebutkan akan punah.

Beberapa tetua adat dan petinggi daerah sangat menyayangkan jika hal ini terjadi, maka kerjasama dengan pemerintah akan digelar beberapa perayaan supaya tidak lekang dimakan waktu. Adapun inisiasi menarik dari anak muda peduli budaya tentu menjawab problem ini.

Wilayah Kabupaten Boalemo dan Pohuwato ini menajdi basis budaya besar Sulawesi Utara, dimana daerah Gorontalo sangat kental dengan ciri khas ke-Islam-an sekaligus budaya Nusantaranya yang tidak dapat dihilangkan begitu saja.

Punahnya Tradisi Zamra Dapat Dikendalikan Hingga Detik Ini

Ada harapan, ada kepastian dan selalu ada jalan. Itulah peribahasa yang terus dilayangkan untuk melestarikan warisan nenek moyang terdahulu, sebab tidak ada yang rela ketika budaya kecintaannya hilang digerus era globalisasi dan modernisasi.

Hal ini yang mendorong pihak pemerintah Gorontalo pada dua tahun silam menyebutkan perlu upaya penyelamatan dini. Sebagaimana harapan masyarakat dan pemerintah untuk mencanangkan tradisi ini sebagai acara tahunan dibalut dengan lomba.

Ternyata ada beberapa tim Zamra dan Marwas yang menjadi pengalun musik unutk tradisi Zamra di Gorontalo. Keluh kesah anggota tim terdengar hingga sejagad raya, meskipun melewati kanal tertentu namun langkah tersebut dikatakan kepastian yang berharga.

Tradisi malam menuju pelaminan ini menjadi sangat krusial ketika keberadaannya tergantikan, dan tampaknya inisiasi bupati Boalemo saat itu akan mengadakan lomba Zamra. Hal ini efektif ketika para pemuda berkompetisi mencoba memainkan alunan musik yang nikmat dan khas.

Mengenal Tradisi Zamra di Gorontalo Lebih Dekat

Dalam pernikahan adat Gorontalo memang terdapat bagian secara budayanya, salah satunya kami akan memperkenalkan seni musik pengiring pernikahan. Dalam referensi terkait memang ada banyak jenis dalam seni musiknya yang ditampilkan.

Namun, yang lebih dominan dari musiknya adalah mengalun santai meski terkesan seperti adat Betawi, Sunda maupun yang lainnya. Dalam hal ini pula dapat dikategorikan sebagai pengiring pengantin dilengkapi dengan tarian sesuai keinginan pihak pengantin.

Tradisi seperti ini memang perlu disebarluaskan, sebab pamornya mungkin kalah dengan tanjidor, wayang wong atau bobodoran. Hingga detik ini, upaya menjadikan tradisi Zamra di Gorontalo sebagai lomba tingkat provinsi sangat efektif bagi kalangan pelajar dan pemuda.

Inovasi alunan dan lagu daerah yang dilantunkan berpadu asyik dan menghibur para pengunjung serta tamu yang datang. Prosesinya memang tidak seramai seperti pada umumnya, hanya saja penggunaan alat musik dengan hiasan tertentu membawa kesan tersendiri.

Harapan lebih bagi para pendahulu, tim pengiring pengantin ini jangan sampai terkena klaim negara asing. Bahkan sebisa mungkin diadakan festival skala nasional dikombinasi dengan beberapa budaya lainnya yang ada di Gorontalo.

Dengan begitu, akan mengundang banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia. Apalagi Taman Nasional Bunaken sendiri menjadi pusat eduwisata terbaik saat ini, ditambah wisata budaya di Gorontalo semakin berkembang bahkan saling mendukung daerah lain di sekitarnya.

Potensi seperti inilah yang harusnya menjadi self warning, ketika pelestarian warisan budaya ini turut menjadi tugas warga negara bahkan kawula adatnya. Terciptanya lingkungan asri, budayanya kental hingga menjamin kesejahteraan akan terwujud maksimal ke depannya.

Beribu harapan memang terus dilancarkan, terutama bagi eksistensi tradisi Zamra di Gorontalo dengan alunan musik yang mengesankan. Bagi Anda yang sedang berlibur ke Sulawesi Utara agar bisa melihat tradisi potensial di Gorontalo dengan keunikan yang memanjakan mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *